ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

8 Tips Yang Harus Diterapkan Orang Tua Untuk Menjadi Guru Bagi Anak Kita Dirumah

September 26, 2022

8 Tips Yang Harus Diterapkan Orang Tua Untuk Menjadi Guru Bagi Anak Kita Dirumah

Menjadi Guru Untuk Anak Kita Dirumah

Mengajarkan anak di rumah bukankah hal yang mudah bagi kita sebagian orang tua. 


Kita dituntut bukan hanya berperan sebagai orang tua saja pada saat itu, melainkan dituntut untuk berperan sebagai guru yang profesional. 

 

Tak heran jika banyak orang tua yang kewalahan saat harus menemani sang buah hati pada saat belajar atau mengerjakan tugas.

 

Memang sudah menjadi tugas kita sebagai orang tuanya untuk membantu kesuksesan anak kita dalam bidang pembelajarannya. 


Salah satu caranya dengan menjadi guru privat bagi anak kita.

 

Apalagi kalau sudah memasuki sekolah setingkat Sekolah Dasar (SD) di mana sang anak membutuhkan bimbingan yang lebih agar semakin giat dan lebih fokus saat belajar.

 

8 Tips Yang Harus Diterapkan

 

Suasana yang Jauh berbeda pada saat anak belajar diruangan sekolah dengan dirumah, bisa menjadikan mood mereka cepat berubah dan jadi kurang focus juga ya.


Mungkin karena suasana sepi, karena disekolahkan bisa rame-rame sama teman-teman dan juga mungkin guru yang asik.

 

Berikut beberapa tips untuk kita agar tetap semangat mendidik dan membuat anak betah belajar dirumah.


  • Menciptakan Suasana Happy 


Semua anak-anak itu sama, mereka sebenarnya bukan malas ketika harus belajar dirumah, namun suasana yang kurang nyaman atau kurang happy yang bisa membuat mereka tidak focus untuk belajar.

 

Coba untuk kita menerapkan suasana belajar yang tenang, nyaman dan menyenagkan. 


Tidak terlalu dekat dengan ruangan TV atau dapur yang bisa membuat hilang konsentrasi dengan suara-suara sekitar.

 

Coba untuk lebih rilex berinteraksi dengan mereka, bisa dengan main suatu permainan dulu selama 10 menit. 


Setelah mereka nyaman dan happy, kemudian baru dilanjutkan dengan proses belajar. Karena belajar sambil bermain lebih asik dan cepat meresap ilmunya.

 

  • Ruang Belajar Khusus


Membuat satu ruangan khusus termasuk pilihan yang sangat tepat untuk di coba, kenapa ? karena bisa membangkitkan semangat belajar anak.


Coba untuk membuat ruangan khusus yang nyaman, lampu yang cukup terang, pendingin ruangan dan juga di tambah dengan suasana dekorasi ruangan yang tampak rame dengan tambahan pernak-pernik yang menarik

 

Anak akan terasa tampak lebih malas Ketika belajar didalam kamar, di tambah dengan suasa kamar yang selalu mengajak untuk rebahan dan juga di dukung dengan lampu remang-remang, pasti mood belajar anak akan hilang.

 

  • Atur Waktu Yang Tepat


Waktu, 1 kata yang tidak bisa di ulang jika sudah terlewatkan.

 

Mengatur waktu yang tepat akan membuat konsentrasi belajar anak meningkat. 


Sehingga tidak ada waktu yang terbuang selain belajar ataupun mengulang pelajaran.

 

Coba untuk mengajari mereka mengatur waktu sholat terlebih dahulu, misalnya untuk sholat tepat waktu. 


Hal kecil ini dapat membentuk karakter anak lebih kuat dan cepat, Dan kemudian dilanjutkan dengan makan malam Bersama dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan belajar.

 

Mengajarkan anak untuk membagi waktu sejak usia dini sangat bermanfaat untuk dirinya nanti, karena bisa menjadikan pribadi yang selalu tepat waktu dalam mengerjakan ibadah, mengerjakan tugas dan juga bermain.

 

  • Membuat Jadwal Harian


Membuat jadwal bukan membatasi gerak anak, tapi dengan adanya kegiatan yang terjadwal sangat membantu anak untuk focus dalam satu kegiatan di satu waktu. 


Misalnya membuat jadwal harian dari bangun tidur sampai mau tidur lagi gitu.

 

Dengan adanya jadwal mereka akan lebih terbiasa melakukan sesuatu dengan tepat waktu dan bisa lebih disiplin dalam keseharian mereka, baik dirumah ataupun disekolah.


  • Asah Kemampuan Belajar


Mengajarkan anak dirumah tidak harus selalu tentang pelajaran disekolah. Sebagai orang tua kita bisa membantu anak lebih mandiri, cerdas dan berani di dalam kelas. 

 

Mialnya dengan cara mengajarkan kemampuan untuk menjawab soal-soal ujian yang mudah-mudah dulu, jangan buru-buru dalam menjawab pertanyaan, harus selalu aktif dalam setiap mata pelajaran yang di berikan oleh guru.

 

Atau juga bisa mengasah bakat mereka dirumah, dengan melatih kemampuan menghafal Al-quran, menghafal materi-materi pembelajran untuk ujian, melatih fokal, melatih kemampuan dalam bidang olahraga. 


Agar tercipta suasana yang asik dan berbeda dari ruangan sekolah dan tidak monoton yang bisa membuat si anak jadi bosan.


  • Selalu Terapkan Aturan Sekolah


Meskipun belajar dari rumah, aturan sekolah juga harus kita terapkan agar anak-anak tetap focus belajar. 

 

Coba untuk memberikan sanksi ringan jika mereka melanggar peraturan belajar yang telah kita buat. Misalnya, jangan membawa HP saat belajar, harus tepat waktu masuk ruangan belajar, harus selalu berpakaian rapi.

 

Harus selalu memberikan salam saat masuk atau keluar ruangan dan jangan membuat beban bagi mereka, selalu jadikan anak-anak kita itu seperti teman agar tercipta suasana yang happy.


  • Maksimalkan Waktu Belajar Anak


Waktu belajar yang singkat bukan tidak produktif, malah durasi waktu belajar yang lama akan membuat anak-anak jadi lelah dan bosan.

 

Waktu belajar yang efisien dapat meningkatkan  konsentrasi anak. Ketika anak-anak sudah terbiasa focus dalam belajar, kita bisa memanfaatkan waktu emas ini. 

 

Dengan membantunya menjawab soal ujian sembari mengajarinya. Dan jika sudah terbiasa, bisa sesekali untuk membuat soal yang hampir-hampir sama untuk melatih kemampuan anak.


  • Meningkatkan Semangat Belajar 


Tidak mungkin sesuatu itu terjadi seperti membalikkan telapak tangan. Terkadang anak-anak yang biasa manja dengan orang tuanya membuat mereka sering malas dan suka menangis saat diajak untuk belajar.

 

Coba untuk memberikan hadiah atas pencapaian yang dia peroleh, misalnya memberikan boneka atau mainan yang baru. Bisa juga dengan menerapkan metode 1 hari di luar ruangan (outdoor).

 

Hal ini akan mendorong semangat anak untuk belajar, karena dengan nilai dan pencapaian yang tinggi akan ada sesuatu yang didapatkan. Otomatis mereka akan lebih semangat dan giat dalam belajar.


EN


Become a teacher for our children at home


Teaching children at home is not an easy thing for some of us parents. We are required not only to act as parents at that time, but also to act as professional teachers.


No wonder many parents are overwhelmed when they have to accompany their children while studying or doing assignments.


It is our duty as parents to help our children succeed in their learning. One way is to become a private tutor for our children.


Especially if you have entered an elementary school (SD) level where the child needs more guidance to be more active and more focused when studying.


8 Tips to Apply


The atmosphere is much different when children study in the school room and at home, it can make their mood change quickly and become less focused too, maybe because the atmosphere is quiet, because they can be schooled together with friends and maybe a cool teacher.


Here are some tips for us to keep the spirit of educating and making children feel at home studying.


  • Creating Happy Atmosphere


All children are the same, they are actually not lazy when they have to study at home, but an atmosphere that is less comfortable or less happy that can make them not focus on learning.


Try to apply a calm, comfortable and fun learning atmosphere. Not too close to the TV room or kitchen which can make you lose concentration with the surrounding noise.


Try to be more relaxed in interacting with them, you can play a game for 10 minutes first. after they are comfortable and happy, then proceed with the learning process. Because learning while playing is more fun and quickly absorbs knowledge.


  • Special Study Room


Making a special room is the right choice to try, why? because it can stimulate children's learning enthusiasm.


Try to make a special room that is comfortable, the lights are bright enough, the air conditioner and also added to the atmosphere of the room decoration that looks crowded with additional interesting knick-knacks.


Children will feel more lazy when studying in the room, coupled with the atmosphere of the room that always invites you to lie down and is also supported by dim lights, surely the child's learning mood will be lost.


  • Set the Right Time


Time, 1 word that can't be repeated if it's been missed.


Setting the right time will make children's learning concentration increase. So that no time is wasted other than studying or repeating lessons.


Try to teach them to set prayer times in advance, for example to pray on time. These little things can shape the child's character to be stronger and faster, and then followed by having dinner together and then continuing with learning activities.


Teaching children to divide their time from an early age is very beneficial for themselves later, because it can make a person who is always on time in doing worship, doing assignments and also playing.


  • Make a Daily Schedule


Making a schedule does not limit the child's movement, but having scheduled activities really helps children to focus on one activity at a time. For example, make a daily schedule from waking up until going to bed again.


With a schedule they will be more accustomed to doing things on time and can be more disciplined in their daily lives, both at home and at school.


  • Hone Learning Skills


Teaching children at home does not always have to be about lessons at school. As parents we can help children to be more independent, smart and brave in the classroom.


For example, by teaching the ability to answer easy exam questions first, don't be in a hurry to answer questions, must always be active in every subject given by the teacher.


Or they can also hone their talents at home, by practicing the ability to memorize the Qur'an, memorizing learning materials for exams, practicing focal, practicing skills in the field of sports.


In order to create a cool and different atmosphere from the school room and not monotonous that can make the child bored.


  • Always Apply School Rules


Even though we study from home, we must also apply school rules so that children stay focused on learning.


Try to give light sanctions if they violate the learning rules that we have made. For example, do not bring cell phones when studying, must be on time to enter the study room, must always be neatly dressed.


Always greet them when entering or leaving the room and don't make them a burden, always make our children like friends to create a happy atmosphere.


  • Maximize Children's Study Time


Short study time is not unproductive, in fact a long duration of study time will make children tired and bored.


Efficient study time can improve children's concentration. When children are used to focusing on learning, we can take advantage of this golden time.


By helping him answer exam questions while teaching him. And if you are used to it, you can occasionally make almost the same questions to train children's abilities.


  • Increase the Spirit of Learning


There was no way something that happened like turning the palm of the hand. Sometimes children who are used to being spoiled by their parents make them often lazy and like to cry when invited to study.


Try to reward him for his achievements, such as giving him a new doll or toy. Can also apply the method of 1 day outdoors (outdoor).


This will encourage children's enthusiasm to learn, because with high grades and achievements, something will be obtained. Automatically they will be more enthusiastic and active in learning.

Share This :

0 comments