ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

8 CARA TERBAIK MEMULAI USAHA SAMPINGAN YANG MENGUNTUNGKAN

October 26, 2022

Terimakasih telah berkunjung di blog amandajufrian. Pada kesempatan ini Admin mencoba untuk membagikan informasi tentang 8 cara terbaik memulai usaha sampingan yang menguntungkan.

Apakah anda sedang mencari cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan?
Jika ya, semoga anda bisa temukan jawabannya pada artikel dibawah ini.

8 CARA TERBAIK MEMULAI USAHA SAMPINGAN YANG MENGUNTUNGKAN
Foto: iStockphoto


Saat ini kita berada di era yang luar biasa dengan potensi yang tidak terbatas. Walaupun saat ini merupakan saat terbaik untuk memulai usaha sampingan, tetapi hal tersebut bukan berarti memulai usaha sampingan adalah perkara yang mudah. 

Anda tetap dituntut untuk mengorbankan waktu, komitmen, melewati kegagalan dan hambatan serta hal-hal lain yang pasti muncul di saat anda menjalankan usaha sampingan. 

Maka dari itu mengetahui cara memulai usaha sampingan yang tepat dapat mempercepat transisi dan mendorong anda untuk bertindak.

Dilansir dari kanal youtube bisnis bagus, berikut 8 cara terbaik memulai usaha sampingan yang menguntungkan patut anda coba:


1. Mencari Ide Bisnis Yang Sesuai

Mencari ide bisnis yang sesuai seringkali menjadi hambatan pertama bagi anda yang baru ingin memulai usaha sampingan.

Jika anda mempunyai suatu keahlian yang dapat dijadikan jasa, maka hal tersebut dapat menjadi ide usaha sampingan yang tepat untuk memulainya.

Atau jika anda tidak memiliki suatu keahlian Yang khusus anda bisa memulai usaha sampingan yang sederhana seperti bisnis Laundry kiloan.

2. Membuat Rencana Bisnis

Langkah kedua dalam cara memulai usaha sampingan yang perlu anda lakukan adalah membuat rencana bisnis. 

Anda mungkin bertanya-tanya apa fungsi rencana bisnis untuk usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal besar.

Fungsi rencan bisnis untuk usaha sampingan adalah untuk memberikan gambaran kebutuhan modal break event point, biaya operasional, target pendapatan, strategi Pemasaran dan target dari usaha sampingan anda dalam 12 bulan kedepan.

3. Membuat Komitmen

Menjalankan usaha sampingan tidaklah mudah, memulai usaha sampingan dituntut untuk berkembang.

Anda membutuhkan komitmen yang besar. Oleh sebab itu anda harus meluangkan waktu untuk mengurus usaha sampingan anda. 

Hal ini berarti, anda harus mengurangi waktu bersenang-senang seperti menonton tv, bermain video game atau berselancar di sosial media.

4. Tentukan Target Yang

Tentukan target yang terukur jelas dan realistis. Anda tentu tidak ingin memulai suatu perjalanan tanpa mengetahui lebih dahulu kemana tujuan dan naik apa untuk mencapai tujuan tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk menjalankan usaha sampingan. Tanpa menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan tenggat waktu yang realistis untuk diri anda sendiri.

Anda akan menghabiskan banyak waktu yang sia-sia. Menetapkan target akan memberikan hasil terbaik dengan cara menetapkan sasaran harian mingguan dan bulanan untuk anda sendiri.

5. Melakukan Peluncuran Usaha

Peluncuran atau launching adalah titik awal dari setiap bisnis. Hal ini juga berlaku untuk usaha sampingan. 

Setelah melakukan semua persiapan yang diperlukan untuk memulai usaha sampingan anda, maka saatnya untuk memulai operasional usaha sampingan anda.

6. Promosi

Promosi adalah langkah selanjutnya dalam cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan. 

Melakukan promosi sangat penting dalam memperkenalkan usaha sampingan anda kepada target pasar anda. 

Jika anda sekedar menunggu adanya order datang tanpa melakukan upaya apapun untuk promosi, maka anda menyerahkan kesuksesan dan kegagalan anda pada keberuntungan anda.

Dan pada sebagian besar kasus keberuntungan hanya akan datang jika anda berusaha dengan lebih keras.

7. Evaluasi

Dalam memulai usaha sampingan anda pasti akan mengalami kesalahan atau kegagalan.

Hal tersebut sangatlah wajar dan salah satu karakteristik utama yang membedakan antara pengusaha yang sukses dengan yang gagal, terletak pada bagaimana mereka menangani kesalahan atau kegagalan tersebut. 

Seorang pengusaha yang sukses dapat menganalisa kesalahan dan kegagalan mereka untuk kemudian memperbaiki usaha mereka sehingga hal tersebut tidak terulang.

8. Investasikan Keuntungan

Langkah terakhir dalam cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan Adalah investasikan keuntungan yang anda peroleh. 

Walaupun mungkin anda mempunyai tujuan untuk menambah pendapatan dengan usaha sampingan anda, tetapi menginvestasikan keuntungan adalah langkah yang lebih tepat, jika anda melihat ada peluang untuk mengembangkan usaha sampingan anda menjadi suatu usaha yang lebih serius.

Memulai bisnis sampingan sambil bekerja penuh waktu pasti akan sulit, tapi itu bisa dilakukan dan ada banyak jalan menuju pengusaha sukses dan salah satunya adalah dengan memulai usaha sampingan yang sukses.


***
Demikian pembahassan tentang 8 cara terbaik memulai usaha sampingan yang menguntungkan. Semoga Bermanfaat
Share This :

0 comments