ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

DAHSYATNYA SEDEKAH BAGI KESEHATAN | the power of alms for health

February 28, 2022
ACT Lhokseumawe bersama dr Purnama Setia Budi Sp, OG

Assalamualaikum, Hari ini ACT Lhokseumawe bersama MRI Bireuen membuat kegiatan kajian online bersama narasumber dr Purnama Setia Budi Sp, OG.

Alhamdulillah hari ini kita masi di beri kesehatan dan kesempatan oleh Allah untuk dapat menghirup udara segar dan berpuasa di bulan yang paling mulia ini.

Allah memberikan perintah pastinya ada kebaikan bagi umatnya. Begitu juga perintah untuk bersedekah. Salah satunya sedakah sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Rasulullah pernah menjanjikan dalam satu hadist "bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab bersedekah dapat memenuhi kebutuhan orang kelaparan dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air mampu memadamkan api. ( HR. Ahmad )

Memberikan sesuatu yang hanya sedikit nilainya juga akan memberikan kebahagiaan karena kebutuhan mereka terpenuhi. Apalagi memberikan harta yang kita miliki untuk membahagiakan mereka tentu saja manfaatnya besar bagi kesehatan.

Ada beberapa contoh yang sudah sering kita dengar, seperti memberikan sebungkus nasi dan segelas air kepada orang fakir/miskin, dan dengan maknan itu dapat menghasilkan energi didalam tubuhnya yang kemudian dengan energi itu mereka melakukan kegiatan dan apabila mereka melakukan kebaikan maka pahala dari sebungkus nasi yang menghasilkan energi akan mengalir untuk kita dan untuknya.

Maka bersedekahlah apalagi di bulan yang sangat mulia ini. Sebiji kurma yang kita sedekahkan untuk mereka yang berbuka puasa, pahala yang kita peroleh sama seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahalanya.

Ada juga yang ketika sakit seseorang sakit, dan sakitnya sudah tidak bisa di sembuhkan lagi menurut medis. Bagaimana jika itu terjadi pada kita?

Mungkin, tidak ada cara lain ataupun Allah telah mengetuk hatinya dengan cara Allah sendiri. Dan kemudian beliau bernazar untuk membangun masjid, mewakafkan harta beliau dan menyedekahkan harta beliau dengan meniatkan untuk kesembuhannya. Dengan izin Allah pun beliau sembuh total.

Begitulah kerja sedekah, ada balasan yang lansung Allah berikan dan ada yang Allah tunda sementara untuk melihat dan melatih kesabaran kita.

Apapun yang kita lakukan hari ini niatkan karna Allah. Dan selalu ikhlas dalam setiap pekerjaan. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya dan semoga kita tergolong kedalam orang-orang yang bertaqwa.

Wassalam.

EN

Assalamualaikum, Today ACT Lhokseumawe together with MRI Bireuen held an online study activity with the resource person, Dr. Purnama Setia Budi Sp, OG.

Alhamdulillah, today we are still given health and the opportunity by Allah to be able to breathe fresh air and fast in this most glorious month.

Allah has commanded that there must be good for his people. Likewise the command to give alms. One of them alms is very beneficial for our health.

The Messenger of Allah once promised in one hadith "Always give alms, even if it is only with a date. Because charity can meet the needs of hungry people and extinguish mistakes, just as water can extinguish fire. (HR. Ahmad)

Giving something of little value will also give them happiness because their needs are met. Moreover, giving the wealth that we have to make them happy is of course great benefits for health.

There are several examples that we have often heard, such as giving a pack of rice and a glass of water to the poor/poor, and with that meaning they can produce energy in their bodies which then with that energy they carry out activities and if they do good then the reward of a packet of rice is generate energy will flow for us and for him.

So give charity especially in this very noble month. A date that we give to those who break their fast, the reward we get is the same as that of the fasting person without reducing the reward.

There are also those who are sick when someone is sick, and the pain can no longer be cured according to the medical. What if it happened to us?

Perhaps, there was no other way or God had knocked his heart in God's own way. And then he vowed to build a mosque, endow his wealth and give alms of his wealth with the intention of his recovery. With Allah's permission he was completely healed.

That's how alms work, there are rewards that Allah gives immediately and some that Allah delays temporarily to see and practice our patience.

Whatever we do today, we intend it for the sake of Allah. And always sincere in every job. May we always be in His protection and may we belong to the pious.

Greetings.
Share This :

0 comments